Categories
Uncategorized

Manfaat Buah Kiwi yang Mampu Menyehatkan Tubuh

Ukuran buah kiwi memang kecil tapi mengandung banyak nutrisi. Manfaat kesehatan buah kiwi juga sangat bervariasi. Di China, negara asalnya, kiwi juga dikonsumsi untuk tujuan pengobatan.

Manfaat Buah Kiwi yang Mampu Menyehatkan Tubuh

Kiwi baru, juga dikenal sebagai gooseberry Cina, menyebar dari Cina ke Selandia Baru dan mulai tumbuh di sana.

Nama kiwi diambil karena bentuk buah ini kecil dengan kulit yang kasar dan berbulu kecoklatan, mirip dengan burung kiwi yang merupakan fauna khas Selandia Baru.

Diet Alami dengan buah  kiwi

Buah kiwi dengan berat sekitar 70 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 42.

Kalium: 215 miligram.

Serat: 1 gram.

Protein: 8 gram.

Kalsium: 23 miligram.

Vitamin C: 64 miligram.

Gula: 2 gram.

Vitamin E: 1 miligram.

Vitamin K: 8 mikrogram.

Magnesium: 7 miligram.

Vitamin A: 60 unit internasional (IU).

Asam folat: 17 mikrogram.

Kandungan nutrisi yang kaya ini menjadikan buah kiwi bermanfaat bagi kesehatan.

Kiwi sangat berguna untuk kesehatan

Kiwi merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Berikut beberapa manfaat buah Kiwi yang bisa dipilih saat dikonsumsi:

   1. Membantu dalam mengatasi asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah kiwi dipercaya dapat membantu mengatasi asma. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa jika penderita gangguan pernapasan makan buah segar setiap hari, fungsi paru-paru akan meningkat.

Buah kiwi segar dikatakan dapat membantu Anda meredakan gejala mengi akibat penyempitan saluran napas pada penderita asma.

 2. Memperbaiki pencernaan

Buah kiwi juga mengandung serat. Artinya buah berdaging kehijauan ini pasti membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, buah kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang disebut aktinidin. Enzim ini membantu memecah protein.

Hasil sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi dapat membantu meningkatkan proses pencernaan berbagai protein.

   3. Meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh

Keunggulan buah kiwi ini adalah kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Makan hanya satu kiwi dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Vitamin C sangat penting dalam membantu sistem kekebalan melawan penyakit. Selain menunjang fungsi kekebalan tubuh, mengonsumsi buah kiwi juga sangat membantu dalam mencegah masuk angin dan flu, terutama pada lansia dan anak-anak.

   4. Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif menyebabkan kerusakan DNA, yang pada gilirannya mempengaruhi kondisi kesehatan. Buah kiwi mengandung antioksidan tinggi yang bekerja melawan radikal bebas yang merusak sel tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

Kerusakan DNA akibat stres oksidatif dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Konsumsi buah kiwi secara teratur juga harus menurunkan risiko kanker.

   5. Membantu dalam mengontrol tekanan darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyawa bioaktif yang didapat dari makan tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah. Dalam jangka panjang, hal ini tentu bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena stroke atau serangan jantung akibat tekanan darah tinggi (hipertensi).

   6. Mengurangi risiko penggumpalan darah

Selain membantu menurunkan tekanan darah, manfaat buah kiwi yang masih berhubungan dengan darah ini dapat menurunkan risiko penggumpalan darah.

Penelitian tertentu yang dilakukan di Oslo menemukan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari dapat secara signifikan mengurangi potensi pembekuan darah. Bukankah itu luar biasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *