Categories
Uncategorized

Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Perlengkapan Umroh Wajib Dibawa

Bingung perlengkapan umroh apa saja yang harus dibawa? Sebelum berangkat melaksanakan ibadah ini memang ada banyak hal perlu dipersiapkan . Mulai dari kesehatan, fisik, sampai beberapa barang penunjang. Semua harus diteliti dengan baik. Tentu tidak enak jika harus kerepotan di Mekkah atau Madinah karena membutuhkan sesuatu yang harusnya dibawa dari rumah. Kira-kira apa saja? Simak informasinya sampai akhir.

Daftar Perlengkapan Umroh

Berikut aneka perlengkapan umroh yang perlu Anda bawa untuk menunjang kegiatan beribadah.

  • Alat sholat

Perlengkapan satu ini paling tak boleh ketinggalan. Bagi perempuan membawa satu mukenah. Biasanya jamaah umroh menggunakan model potongan untuk lebih fleksibel dalam bergerak.

Terkadang mereka hanya memasang bagian atas, sementara bawah tetap rok suci yang dikenakan. Pasalnya, banyak jamaah dari negara lain cukup dengan pakaiannya asalkan menutup aurat.

Sementara bagi laki-laki membawa sarung 2 atau 3 buah, serta songkok. Untuk berdzikir, perempuan maupun laki-laki bisa membawa tasbih. Tergantung kebiasaan cara berdzikir Anda. Sebagian orang biasanya menggunakan jemari untuk menghitung. 

  • Baju ihram

Perlengkapan umroh selanjutnya adalah baju ihram. Laki-laki menggunakan 2 lembar kain tidak berjahit. Sementara perempuan bentuknya seperti pakaian sholat yang menutupi seluruh aurat, kecuali telapak tangan dan wajah. Keduanya sama-sama berwarna putih.

Mengenakan ihram dimulai sejak dari miqat. Jamaah umroh asal Indonesia biasanya memakai di Bandara King Abdul Aziz atau di Zulhulaifah. Jika tidak, dendanya adalah wajib membayar seharga satu ekor kambing.

  • Al-Quran dan buku doa

Umroh adalah kesempatan terbaik untuk beribadah. Maka dari itu, jangan lupa membawa Al-Quran kecil sehingga Anda bisa setiap saat membacanya. Sementara buku doa untuk membantu apabila ada doa-doa yang belum dihafal. Terlebih bagi jamaah berusia lanjut yang daya ingatnya sudah mulai menurun.

  • Masker dan kaca mata

Mekkah dan Madinah terdiri dari padang pasir dengan suhu udara cukup panas. Untuk melindungi mata, hidung, dan mulut, sebaiknya bawa masker beserta kaca mata. Dua barang ini berguna supaya proses ibadah umroh tidak terganggu.

  • Seperangkat pakaian

Baju wajib saat umroh memang pakaian ihram. Namun, Anda tetap harus membawa baju ganti untuk tidur atau perjalanan mencari oleh-oleh. Tidak perlu membawa terlalu banyak. Terpenting menutup aurat dengan benar. Dalam kurun waktu umroh selama 9-15 hari, paling tidak cukup dua atau tiga stel saja. Sebaiknya bawa juga jaket untuk berjaga-jaga.

  • Kaos kaki

Kaos kaki juga menjadi barang wajib saat beribadah umroh. Fungsi utama bagi perempuan adalah menutup aurat. Sedangkan untuk laki-laki disarankan juga memakai supaya terlindungi dari panasnya suhu udara. Kaos kaki digunakan setiap hari. Maka dari itu, bawa 3-4 buah.

  • Alat mandi dan make up

Tak boleh ketinggalan juga alat untuk membersihkan dan mempercantik diri. Apa saja yang harus dibawa sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Bagi perempuan, lebih baik tidak terlalu berlebihan dalam bermake-up. Sementara laki-laki jangan lupa alat cukur, pelembab, dan minyak wangi.

  • Obat-obatan

Anda memiliki riwayat penyakit tertentu? Pastikan membawa obat-obat khusus yang dibutuhkan. Sebab bisa jadi di sana tidak tersedia atau tidak cocok. Misal, obat asma, alergi, dan lain sebagainya. Usahakan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat umroh.  Jadi, sudahkah perlengkapan umroh di atas Anda masukkan dalam koper maupun tas? Persiapkan segala kebutuhan ibadah ini dengan teliti. Usahakan tak ada satupun yang ketinggalan agar umroh tetap khusyuk. Selamat menjalankan ibadah umroh dan semoga menjadi mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *