Categories
Uncategorized

Cara budidaya mangga arum manis lengkap

Mangga atau pelem (Jawa) adalah nama sejenis buah, seperti nama pohonnya. Mangga milik klan Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan milik suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tanaman tinggi, struktur batang (kebiasaan) yang termasuk dalam kelompok Arboreus, tanaman kayu dengan tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga dapat mencapai ketinggian 10-40 m.

Cara budidaya mangga arum manis lengkap

KEBUTUHAN PUPUK

Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman muda dan menggantikan nutrisi yang diangkut selama panen dan pemulihan pohon tanaman yang sudah dalam produksi, pemupukan diperlukan. Tanaman mangga muda membutuhkan lebih banyak pupuk, yang mengandung unsur P (fosfor) dengan rasio pupuk

Urea, SP-36 dan KCI adalah 4: 12: 3, sedangkan jumlah pupuk untuk produksi tanaman adalah antara 3 dan 8% dari berat buah yang diproduksi, yang diproduksi dua kali setahun sebelum musim kemarau dan pada awal musim hujan (lihat Tabel 1) ). Pada awal penanaman, diperlukan hingga 10 kg pupuk organik dalam bentuk pupuk cair atau kompos per lubang panen.

MEMBUAT HOLES TANAMAN

• Buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm dan jarak 10 mx 12 m atau 12 m x 12 m (terutama untuk penanaman massal).

• Pisahkan lantai terpisah pada kedalaman 10 cm atau 15 cm.

• Biarkan lubang tanam terbuka selama ± 2 minggu dan kemudian tambahkan 10 kg pupuk cair yang telah dicampur dengan lapisan tanah.

SELEKSI PEMULIAAN

Pilih bibit mangga dengan pertumbuhan yang baik dan siap tanam dengan ketinggian minimum 75 cm. Verietas yang bisa dipilih adalah Arumanis, Manalagi, Golek, Gadung, Gedong Gincu dan Indramayu.

INVESTASI

• Campurkan 10 kg pupuk cair ke dalam lubang tanam sampai didistribusikan secara merata.

• Campurkan 10 kg pupuk cair dan 100 g urea, 300 g SP36, dan 100 g KCI dengan diaduk rata dengan tanah lapisan atas.

• Turunkan penutup tanah dengan tanah bagian atas dicampur dengan pupuk sampai setengah lubang tanam ditanam di tanah bagian atas dan bawah.

• Sebelum meletakkan benih di lubang tanam, tarik keluar polybag dengan hati-hati agar bagian bawah akar tidak patah.

• Masukkan benih yang dipilih ke dalam lubang tanam dan tumpukkan dengan sisa tanah teratas ke pangkal batang / leher akar.

PEMELIHARAAN

• Bibit yang baru tumbuh harus dirawat dengan menyiram tanaman setiap dua hari saat tidak hujan.

• Hama yang sering menyerang adalah batang batang dan kumbang. Hama ini dapat diatasi dengan menyemprotkan insektisida sistemik atau menghubungi jumlah yang direkomendasikan. Salah satu insektisida sistemik adalah butiran furadan, yang dapat dikubur di area akar tanaman.

• Penyakit umum adalah blendok, menembak mati dan busuk buah. Gunakan fungisida seperti Benlate 0,3% untuk memberantas penyakit ini.

PEMANGKASAN

Sehingga banyak tanaman yang bisa membawa ranting buah yang dipotong. Pemangkasan pohon mangga direkomendasikan untuk mengikuti pola 1-3-9, yaitu 1 galur utama, diikuti oleh 3 galur minor dan 9 galur tersier. Pemotongan dilakukan setelah benih mencapai ketinggian 1 m dengan memotong batang tepat di bawah titik pertumbuhan. Pertahankan 2-3 tunas yang tumbuh saat pemangkasan, dan ketika cabang baru telah terbentuk, pangkas lagi 1 m. Dan seterusnya, sehingga pengaturan cabang 1-3-9 diperoleh.

Inti dari pemotongan ini adalah mempertahankan hanya 3 cabang yang muncul di setiap ujung cabang. Dengan potongan seperti itu, perlindungan tanaman terbentuk dengan baik. Sangat penting untuk dicatat bahwa potongan dibuat sedikit di atas ‘segmen’ batang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *